@misc{eprints74351, month = {Agustus}, title = {PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUESTION CARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sekampung Udik Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023)}, author = {1913021046 Sari Dewi}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/74351/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan question card terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sekampung Udik semester genap tahun pelajaran 2022/2023 yang terdistribusi dalam 7 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII C dan VII D yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah posttest-only control design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes uraian kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran PBL berbantuan question card lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model PBL berbantuan question card berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sekampung Udik semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Kata kunci: problem based learning, question card, pemecahan masalah matematis.} }