TY - THES ID - eprints74391 UR - http://digilib.unila.ac.id/74391/ A1 - JOHARIAH, 1923025002 Y1 - 2023/06/21/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan instrumen penilaian yang valid, reliabel, dan efektif untuk mengukur kemampuan berpikir sistem peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Desain penelitian menggunakan Model Borg and Gall yang terdiri dari delapan tahapan. Tahap uji coba terbatas menggunakan desain penelitian eksperimen bentuk pre-post control group design, dengan jumlah 30 siswa kelas VII di SMPN 1 Terbanggi Besar. Subjek uji coba produk menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan analisis dan perhitungan hasil validitas dari 10 soal menggunakan program SPSS 26, diperoleh nilai 0,960 dengan kriteria validitas sangat tinggi. Intrumen penilaian yang dikembangkan dalam penelitian ini efektif untuk mengukur kemampuan berpikir sistem siswa. Uji daya beda dalam instrumen penilaian berpikir sistem memiliki kriteria yang baik sekali dengan rata-rata 2,97. Kemudian dari uji tingkat kesukaraan soal diketahui semua soal dalam intrumen penilaian berpikir sistem memiliki tingkat kesukaran terendah adalah 0,8, sedangkan indeks kesukaran tertinggi adalah 0,9. Seluruh butir berpikir sistem yang dikembangkan oleh peneliti memiliki indeks korelasi pada rentang 0,8-0,9, artinya semua butir soal berpikir sistem memiliki kategori tingkat kesukaran mudah. Kata kunci: instrumen penilaian, kemampuan berpikir sistem, pencemaran lingkungan. PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM SISWA SMP PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN AV - restricted ER -