@misc{eprints74400, month = {Juli}, title = { PENGARUH MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR }, author = {Novilia Tiwi }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/74400/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh model Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan media manipulatif terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 65 peserta didik dengan sampel sebanyak 44 peserta didik yang ditentukan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes. Dari pengujian hipotesis menggunakan regresi linear sederhana diperoleh The problem in this research is the low mathematics learning outcomes of fifth grade elementary school students. The aim of the study was to analyze the effect of the Student Team Achievement Division (STAD) model assisted by manipulative media on the mathematics learning outcomes of fifth grade elementary school students. The method in this study was a quasi-experimental with a non-equivalent control group design. The population of this study was 65 students with a sample of 44 students who were determined using purposive sampling. Data collection techniques in this study used tests and non-tests. From testing the hypothesis using simple linear regression obtained } }