TY - THES ID - eprints74437 UR - http://digilib.unila.ac.id/74437/ A1 - NURHALIZA, 2023021010 Y1 - 2023/08/02/ N2 - Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk live worksheet berbasis gamifikasi dengan model Problem Based Learning (PBL) dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy peserta didik. Tahapan penelitian pengembangan ini dimulai dari tahap research and information collecting (penelitian dan pengumpulan informasi), planning (perencanaan), develop preliminary form of product (mengembangkan bentuk produk awal), preliminary field testing (uji coba lapangan awal), main product revision (revisi produk utama), dan main field testing (pengujian lapangan utama). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 45 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Data penelitian ini diperoleh menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket self efficacy. Hasil analisis data kevalidan dan kepraktisan live worksheet berbasis gamifikasi dengan model PBL yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid dan praktis. Hasil uji efektivitas live worksheet berbasis gamifikasi dengan model PBL dalam kategori tinggi dengan kriteria peningkatan yang efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa live worksheet berbasis gamifikasi dengan model PBL valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy peserta didik. Kata kunci: Berpikir kreatif, gamifikasi, live worksheet, model PBL, self efficacy. PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN LIVE WORKSHEET BERBASIS GAMIFIKASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK AV - restricted ER -