creators_name: EMALIA, FATMA DIANTI creators_id: 1913025018 type: other datestamp: 2023-08-11 01:24:26 lastmod: 2023-08-11 01:24:26 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO MOTION GRAPHICS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI JARINGAN BERBASIS LUAS DI SMK NEGERI 1 TULANG BAWANG TENGAH ispublished: pub subjects: 370 subjects: 507 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model problem based learning berbantuan video motion graphics dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi jaringan berbasis luas di SMK Negeri 1 Tulang Bawang Tengah. Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian Non Equivalent Pretest�Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga seluruh anggota populasi yang berjumlah 61 siswa dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan berbentuk tes berupa soal pretest dan posttest untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data menggunakan Uji N-Gain, Uji Independent Sample T-test, dan Uji Effect Size. Nilai rata-rata N-Gain keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol diperoleh sebesar 0,46 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil Uji Independent Sample T-test diperoleh nilai Sig. (2 Tailed) 0,001 < 0,05 maka H1 diterima. Sehingga, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model problem based learning berbantuan video motion graphics dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil Uji Effect Size diperoleh hasil sebesar 0,869 dengan kategori “besar”. Sehingga, dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning berbantuan video motion graphics memiliki pengaruh yang sangat besar dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi jaringan berbasis luas. date: 2023-07-28 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 1913025018 citation: EMALIA, FATMA DIANTI (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO MOTION GRAPHICS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI JARINGAN BERBASIS LUAS DI SMK NEGERI 1 TULANG BAWANG TENGAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/74450/1/1.%20ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/74450/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/74450/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf