title: PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS creator: FEBRIANSYAH , ABUNG subject: 370 Pendidikan description: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKPD berbasis etnomatematika yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis. Desain penelitian ini mengacu pada mmodel ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Abung Timur kelas VIII semester genap pada tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, angket kuesioner, tes kemampuan representasi matematis. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif dan uji-t. berdasarkan analisis data dari validasi ahli media dan materi diperoleh indeks kevalidan sebesar 78,6 % dan 79,0% dengan kategori valid, serta analisis data dari tanggapan guru dan siswa tentang kepraktisan LKPD berbasis etnomatematika diperoleh indeks kepraktisan sebesar 88,8% dan 83,7% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil uji-t terhadap peningkatan (N-Gain) kemampuan representasi matematis diperoleh hasil , sehingga LKPD berbasis etnomatematika dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis. Berdasarkan temuan dan hasil analisis data disimpulkan bahwa LKPD berbasis etnomatematika memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: LKPD, Etnomatematika, Kemampuan Representasi Matematis This research is research dan development that aims to develop teaching materials in the form of LKPD-Based Ethnomathematical that are valid, practical, and effective for improving mathematical representation ability. The method used the research is refers to the ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation) model. This research was conducted at SMP Negeri 2 Abung Timur class VIII even semester of the 2022/2023 school year. Data collection techniques in this study include interviews, observations, questionnaires, and mathematical representation ability tests. The data analysis technique in this study is descriptive statistics and t-test. Based on data analysis from media and material expert validation, a validity index of 78.6% and 79.0% is obtained in the valid category, and data analysis from teacher and student responses regarding the practicality of ethnomathematics-based LKPDs obtained a practicality index of 88.8% and 83.7% in the very practical category. Based on the results of the t-test on the improvement (N-Gain) of mathematical representation skills, the result is 0.000 <0.05, so the LKPD-Based Ethnomathematical is declared effective for improving mathematical representation ability. Based on the findings and results of data analysis, it is concluded that LKPD-Based Ethnomathematical to qualify the criteria of valid, practical, and effective for improving students' mathematical representation ability. Keywords: LKPD, Ethnomathematical, Mathematical Representation Ability date: 2023-08-02 type: Tesis type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/74456/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/74456/2/TESIS%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/74456/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: FEBRIANSYAH , ABUNG (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/74456/