%0 Generic %A SITI , MUTOHAROH %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:74472 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T TINDAK TUTUR DALAM NOVEL HARAPAN DARI TEMPAT PALING JAUH KARYA INGGRID SONYA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA %U http://digilib.unila.ac.id/74472/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung dalam novel Harapan dari Tempat Paling Jauh karya Inggrid Sonya serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung yang terdapat dalam novel Harapan dari Tempat Paling Jauh karya Inggrid Sonya dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung pada tindak ilokusi yang terdapat dalam novel yang diteliti. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Harapan dari Tempat Paling Jauh karya Inggrid Sonya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan catat. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis heuristik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Harapan dari Tempat Paling Jauh karya Inggrid Sonya terdapat tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung dengan jenis tindak tutur asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif. Tindak tutur langsung yang ditemukan sebanyak 163 dan tindak tutur tidak langsung sebanyak 34 data. Hasil penelitian ini diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA pada teks novel dalam bentuk bahan ajar berupa LKPD dengan kompetensi dasar 3.9 dan 4.9 kelas XII SMA semester genap. Kata Kunci: tindak tutur, ilokusi, dan pembelajaran