<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY TERINTEGRASI\r\nSTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF\r\nDAN KOLABORATIF"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripisikan e-LKPD berbasis inquiry\r\nterintegrasi STEM yang valid, praktis, dan efektif untuk melatih kemampuan\r\nberpikir kreatif dan kolaboratif. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan\r\ndesain pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze,\r\ndesign, development, implementation, dan evaluation. Instrumen pengumpulan\r\ndata yang digunakan meliputi angket analisis kebutuhan, angket uji validitas,\r\nangket uji keterlaksanaan, instrumen soal yang sudah diuji kevalidannya, lembar\r\nobservasi, serta respon peserta didik terhadap keefektifan e-LKPD berbasis\r\nInquiry terintegrasi STEM. Penelitian dilakukan di SMA N 1 Padang Cermin,\r\nPesawaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD hasil pengembangan\r\nvalid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran untuk melatihkan\r\nkemampuan berpikir kreatif dan kolaboratif peserta didik. E-LKPD berbasis\r\ninquiry terintegrasi STEM yang dapat dikatakan valid memuat instruksi dan\r\ninformasi yang disajikan dengan jelas dan mudah dipahami, fenomena-fenomena\r\nyang disajikan diambil dari kehidupan nyata, e-LKPD yang dikembangkan\r\nterdapat aktivitas-aktivitas yang menuntut siswa harus aktif melatihkan\r\nkemampuan berpikir kreatif dan kolaboratifnya. E-LKPD berbasis inquiry\r\nterintegrasi STEM yang praktis untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif dan\r\nkolaboratif merujuk pada sejauh mana e-LKPD dapat digunakan dengan efektif\r\ndan efisien dalam praktik di kelas. Kepraktisan e-LKPD yang dikembangkan\r\nterdiri atas keterbacaan, keterlaksanaan dan respon peserta didik. Jika siswa dapat\r\nmembaca, memahami, dan mengikuti instruksi atau informasi yang disajikan\r\ndalam e-LKPD dengan mudah maka e-LKPD dikatakan praktis. Dikatrgorikan\r\nefektif jika setelah digunakannya e-LKPD tersebut terdapat peningkatan dalam\r\nkemampuan berpikir kreatif dan kolaboratif siswa berdasarkan tahapan-tahapan\r\npembelajaran yang terdapat pada e-LKPD.\r\nKeyword: e-LKPD, inquiry, kemampuan berpikir kreatif, kemampuan\r\nkolaboratif, STEM\r\n\r\n\r\nThis study aims to describe STEM-integrated inquiry-based e-LKPD that are\r\nvalid, practical, and effective for training creative and collaborative thinking\r\nskills. This study uses the R&D method with the ADDIE model development\r\ndesign which consists of five stages, namely analysis, design, development,\r\nimplementation, and evaluation. The data collection instruments used include\r\nneeds analysis questionnaires, validity test questionnaires, implementation test\r\nquestionnaires, instrument questions that have been tested for validity, observation\r\nsheets, and student responses to the effectiveness of STEM-integrated Inquirybased e-LKPD. The research was conducted at SMA N 1 Padang Cermin,\r\nPesawaran. The results of the study show that the e-LKPD developed is valid,\r\npractical and effective in the learning process to train students' creative and\r\ncollaborative thinking skills. In the validity test that has been carried out, the\r\nresults of the e-LKPD development are declared feasible with very valid criteria,\r\nwith an average validation of media and design as well as materials and constructs\r\nobtained a proportion of 94.73% and a construct aspect of 92.93%. Based on the\r\nresults of the practicality test, which showed an average proportion of readability\r\nwas 82.82% with good criteria, implementation was 91.30% with very good errors\r\nand the positive response of students was 87.45% towards the STEM-integrated\r\ninquiry-based e-LKPD. STEM-integrated inquiry-based e-LKPD is effective if\r\nafter using the e-LKPD there is an increase in students' creative and collaborative\r\nthinking skills based on the learning stages contained in the e-LKPD. The\r\neffectiveness is shown by the results of the N-gain and paired t-test. There is an\r\nincrease in the ability to think creatively and collaborate. Then, based on the test\r\nresults using class control with MANOVA statistics, it shows that the use of eLKPD has an effect on students' creative and collaborative thinking skills. So that\r\nSTEM-integrated inquiry-based e-LKPD is developed effectively.\r\nKeyword: creative thinking skills, collaborative skill, e-LKPD, inquiry, STEM"^^ . "2023-08-03" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "ANUGRAH"^^ . "ADYT "^^ . "ANUGRAH ADYT "^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY TERINTEGRASI\r\nSTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF\r\nDAN KOLABORATIF (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY TERINTEGRASI\r\nSTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF\r\nDAN KOLABORATIF (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY TERINTEGRASI\r\nSTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF\r\nDAN KOLABORATIF (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY TERINTEGRASI\r\nSTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF\r\nDAN KOLABORATIF (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY TERINTEGRASI\r\nSTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF\r\nDAN KOLABORATIF (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY TERINTEGRASI\r\nSTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF\r\nDAN KOLABORATIF (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY TERINTEGRASI\r\nSTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF\r\nDAN KOLABORATIF (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY TERINTEGRASI\r\nSTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF\r\nDAN KOLABORATIF (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY TERINTEGRASI\r\nSTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF\r\nDAN KOLABORATIF (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY TERINTEGRASI\r\nSTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF\r\nDAN KOLABORATIF (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY TERINTEGRASI\r\nSTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF\r\nDAN KOLABORATIF (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY TERINTEGRASI\r\nSTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF\r\nDAN KOLABORATIF (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY TERINTEGRASI\r\nSTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF\r\nDAN KOLABORATIF (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY TERINTEGRASI\r\nSTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF\r\nDAN KOLABORATIF (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY TERINTEGRASI\r\nSTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF\r\nDAN KOLABORATIF (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY TERINTEGRASI\r\nSTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF\r\nDAN KOLABORATIF (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY TERINTEGRASI\r\nSTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF\r\nDAN KOLABORATIF (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY TERINTEGRASI\r\nSTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF\r\nDAN KOLABORATIF (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #74501 \n\nPENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY TERINTEGRASI \nSTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF \nDAN KOLABORATIF\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . .