%0 Generic %A NAURA , AYU APRILISA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:74509 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PERBANDINGAN MODEL RICOSRE DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN %U http://digilib.unila.ac.id/74509/ %X Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perbandingan Model RICOSRE dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains dan penguasaan konsep pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental dengan menggunakan pola Randomized Posttest-Only Comparison Group Design. Sampel penelitian berjumlah 64 peserta didik yang terdiri dari kelas X6 sebagai kelas eksperimen 1 (Model RICOSRE) dan kelas X5 sebagai kelas eksperimen 2 (Model PBL) yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kuantitatif yang berupa nilai hasil posttest kemampuan literasi sains dan penguasaan konsep peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketercapaian pada variabel kemampuan literasi sains dan penguasaan konsep peserta didik kelas RICOSRE lebih baik dibandingkan kelas PBL. Kemudian, berdasarkan uji hipotesis pada data yang diperoleh menggunakan uji Two Way Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) pada taraf signifikasi 5%, didapatkan hasil nilai Sig. pada variabel kemampuan literasi sains dan penguasaan konsep peserta didik pada model RICOSRE dan model PBL yaitu < 0,05 yang berarti kemampuan literasi sains dan penguasaan konsep peserta didik dengan model RICOSRE lebih baik dibandingkan model PBL pada materi perubahan lingkungan. Kata Kunci: Model RICOSRE, Model Problem Based Learning, Kemampuan Literasi Sains, Penguasaan Konsep