TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints74574 UR - http://digilib.unila.ac.id/74574/ A1 - Afifah Qonita, Agustina Y1 - 2023/07/27/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan smartphone terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 anak yang berusia 5-6 tahun beserta masing-masing orang tua dengan menggunakan teknik sampel cluster random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebar angket kepada orang tua dan melakukan observasi kepada anak. Kemudian, analisis data yang digunakan adalah dengan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan smartphone terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak. Hal ini terbukti dari hasil penghitungan menggunakan regresi linier sederhana yaitu taraf signifikansi sebesar 0,036 < 0,05. Berdasarkan perhitungan besaran pengaruh penggunaan smartphone memiliki pengaruh positif sebesar 19,2 % terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun serta 80,8 % dipengaruhi oleh faktor lain. Adanya dukungan dan pengawasan dari orang tua serta luasnya konten yang dapat mempermudah anak dalam mengakses berbagai konten mulai dari pembelajaran sampai dengan hiburan. Konten yang paling sering dikunjungi ialah menonton video melalui aplikasi youtube yang secara tidak langsung dapat mengasah kemampuan bahasa anak. This study aims to determine the effect of smartphone use on the expressive language skills of children aged 5-6 years. This study uses a quantitative research with ex post facto methods. The sample in this study was 100 children aged 5-6 years and their parents using a cluster random sampling technique. Data collection in this study was carried out by distributing questionnaires to parents and observing children. Then, the data analysis used is a simple linear regression test. The results of the study show that there is an effect of smartphone use on children's expressive language skills. This can be seen from the calculations resaults by using simple linear regression which shows a significance level of 0.036 <0.05. Based on the magnitude calculations of the influence of smartphone use, shows that it has 19.2% positive effect to the children?s expressive language skills and the other 80,8% are influenced by other factors. Support and supervision from parents along with variety of contents can make it easier for children to access various content from learning to entertainment. The most frequently visited content is watching videos through the YouTube application which can indirectly hone children's language skills. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KECAMATAN LANGKAPURA AV - restricted ER -