TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints74609 UR - http://digilib.unila.ac.id/74609/ A1 - Komang, Ayu Juni Harsini Y1 - 2023/07/25/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model guided inquiry berbasis flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kritis dan literasi digital siswa SMA kelas X pada materi perubahan lingkungan di SMA Negeri 1 Way Serdang. Penelitian ini menggunakan non equivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah 31 siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol, yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh (total sampling). Data nilai rata-rata berpikir kritis melalui pretest-posttest dianalisis dengan Uji Mann Whitney, kemudian nilai rata-rata literasi digital dan tanggapan peserta didik dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil uji Mann Whitney menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 kemudian diujikan effect size memperoleh nilai 1,26 dengan kategori efek besar. Hal ini menunjukkan penerapan model guided inquiry berbasis flipped classroom berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil analisis penilaian kemampuan literasi digital siswa diperoleh nilai rata-rata 92,5 dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan kemampuan literasi digital siswa sangat baik setelah diterapkan model guided inquiry berbasis flipped classroom. Kata kunci : Guided Inquiry, Flipped Classroom, Berpikir Kritis dan Literasi Digital PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY BERBASIS FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI DIGITAL SISWA SMA KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN AV - restricted ER -