%0 Generic %9 Other %A HASYIM ASYARI, 1113137005 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:7461 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION SISWA KELAS V SDN 1 SUMBERAGUNG LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %U http://digilib.unila.ac.id/7461/ %X ABSTRAK Penelitian ini dilandasi dari hasil pengamatan terhadap proses pembelajaran yang dilakukan di kelas V SD Negeri 1 Sumberagung semester ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014, bahwa aktivitas siswa masih perlu ditingkatkan dan hasil belajar matematika siswa masih banyak mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu ≥ 60. Dari 28 siswa sebanyak 16 siswa (55 %) belum mencapai KKM. Meningkatkan hasil belajar matematika melalui model kooperatif tipe Team Assisted Individualization siswa kelas V SDN 1 Sumberagung Lampung Timur. Metode perbaikan pembelajaran menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpul data berupa lembar observasi untuk mengamati aktivitas dan soal berbentuk pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika bagi siswa kelas V semester genap SD Negeri 1 Sumberagung Tahun Pelajaran 2013/2014 . Kata Kunci : Model Kooperatif tipe TAI, aktivitas dan hasil belajar