@misc{eprints74610, month = {Juni}, title = {VALUASI EKONOMI DENGAN METODE TRAVEL COST DAN KEPUASAN PENGUNJUNG OBJEK WISATA GRAND ELTY KALIANDA RESORT KABUPATEN LAMPUNG SELATAN}, author = {Gusri Rheynaldo Wahyu }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS PERTANIAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/74610/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi kunjungan wisatawan ke Grand Elty Kalianda Resort, nilai ekonomi Grand Elty Kalianda Resort, dan kepuasan pengunjung yang berkaitan dengan atribut 4A yaitu atraksi, aktivitas, aksesibilitas, dan amenitas. Lokasi penelitian dipilih secara purposive dengan pertimbangan bahwa Grand Elty Kalianda Resort merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Kabupaten Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei yang melibatkan 76 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung pada bulan November 2022 hingga Desember 2022. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, travel cost method (TCM), analisis Customer Satisfaction Index (CSI), dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai faktor yang mempengaruhi jumlah kunjungan ke Grand Elty Kalianda Resort adalah pendapatan, biaya perjalanan, lama perjalanan, sarana dan prasarana, dan kepuasan pengunjung. Nilai ekonomi dari objek wisata Grand Elty Kalianda Resort sebesar Rp 12.501.262,00 per tahun. Sedangkan tingkat kepuasan pengunjung terkait atribut 4A sebesar 91,60 persen, menunjukkan bahwa pengunjung sangat puas. Pengukuran kepuasan pengunjung dengan menggunakan metode IPA diperoleh hasil kepuasan pada atribut pantai, rekreasi dan fotografi. Kata kunci : Kepuasan pengunjung, metode biaya perjalanan, nilai ekonomi. This study aims to analyze the factors that influence the frequency of tourists visit to Grand Elty Kalianda Resort, the economic value of Grand Elty Kalianda Resort, and visitors? satisfaction related to the 4A attributes of attractions, activities, accessibility, and amenities. The research location was chosen purposively with the consideration that Grand Elty Kalianda Resort is one of the best tourist attractions in South Lampung Regency. The method used in this research was a survey involving 76 respondents. Data collection was conducted by direct interview from November 2022 to December 2022. The data analysis methods used were multiple linear regression analysis, travel cost methods (TCM), Customer Satisfaction Index (CSI) analysis, and Importance Performance Analysis (IPA). The results showed that various factors that influence the number of visits to Grand Elty Kalianda Resort are income, travel costs, length of travel, facilities and infrastructure, and visitor satisfaction. The economic value of the Grand Elty Kalianda Resort tourist attraction is IDR 12,501,262.00 per year. While the level of visitor satisfaction related to the 4A attribute is 91.60 percent, indicating that visitors are very satisfied. Measurement of visitor satisfaction using the IPA method obtained satisfaction results on the beach, recreation and photography attributes. Keywords: Economic value, travel cost method, visitor satisfaction} }