title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP AL-HUDA JATIAGUNG creator: DEWI SINTA, RAHAYU subject: 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam subject: 570 Biologi description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terintegrasi Science, Environment, Technology and Society terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di SMP Al-Huda Jatiagung. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 26 peserta didik dari kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan sebanyak 37 peserta didik dari kelas VII B sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan desain yang digunakan adalah non equivalent control group design. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa soal tes dalam bentuk essay untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dan data kualitatif berupa angket tanggapan peserta didik terhadap penerapan model PBL terintegrasi SETS. Analisis data kuantitatif menggunakan uji independent sample t test dan data tanggapan peserta didik akan dianalisis secara deskriptif kualitatif dalam bentuk persentase. Hasil uji skor rata-rata N-gain pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, pada kelas eksperimen berada pada kategori sedang dan kelas kontrol berada pada kategori rendah. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,00 ˂ 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, hasil tersebut berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik antara kedua kelas. Dengan demikian, model PBL terintegrasi SETS berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hasil angket tanggapan peserta didik juga menunjukkan respon dengan kategori baik yang memiliki rata-rata 78,27%. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2023-07-31 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/74621/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/74621/2/FILE%20SKRPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/74621/3/FILE%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: DEWI SINTA, RAHAYU (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP AL-HUDA JATIAGUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/74621/