TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints74662 UR - http://digilib.unila.ac.id/74662/ A1 - Nyoman Trijaya, Kusuma Y1 - 2023/07/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantu video terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sekampung Udik pada materi pencemaran lingkungan. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 31 peserta di kelas VII B (eksperimen) dan sebanyak 30 peserta didik dari kelas VII C (kontrol). Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperiment dengan bentuk desain yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dengan soal tes (untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif) dan data kualitatif dengan angket responsibility peserta didik terhadap model Problem Based Learning berbantu video. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai N-gain kelas eksperimen mencapai 0,57 dengan kategori ?sedang? dan kelas kontrol mencapai 0,29 dengan kategori ?rendah?. Data kuantitatif berupa rerata nilai pretest, posttest, dan N-gain kemampuan berpikir kreatif yang diuji menggunakan uji Independent Sample t-Test dengan taraf signifikansi 5% didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Learning berbantu video terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Pada kelas eksperimen indikator kemampuan berpikir kreatif flexibility memperoleh rata-rata N-gain paling unggul mencapai 0,73 dengan kategori ?tinggi?. Data kualitatif berupa angket tanggapan peserta didik pada penggunaan model Problem Based Learning berbantu video menunjukan respon yang positif dengan rata-rata nilai 71,2% dengan kategori ?baik?. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantu video berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sekampung Udik pada materi pencemaran lingkungan. Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif, pencemaran lingkungan, problem based learning, SMP, video. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 SEKAMPUNG UDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN AV - restricted ER -