?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1913023005&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+FLIPPED+CLASSROOM+DALAM+MENINGKATKAN+PEMAHAMAN+KONSEP+DAN+AKTIVITAS+SISWA+PADA+MATERI+GARAM+MENGHIDROLISIS&rft.creator=RESTI%2C+MELDATIA&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=540+Kimia+dan+ilmu+yang+berhubungan&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+mendeskripsikan+efektivitas+model+pembelajaran+flipped+classroom+dalam+meningkatkan+pemahaman+konsep+dan+aktivitas+siswa+pada+materi+garam+menghidrolisis.++Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+XI+MIPA+di+SMA+Negeri+1+Sumberejo+semester+genap+Tahun+Pela-jaran+2022%2F2023%2C+dan+sampel+penelitian+ini+dipilih+dengan+teknik+purposive+sam-pling+yaitu+kelas+XI+MIPA+1+sebagai+kelas+eksperimen+dan+kelas+XI+MIPA+2+se-bagai+kelas+kontrol.++Metode+dalam+penelitian+ini+yaitu+kuasi+eksperimen+dengan+desain+penelitian+Pretest+Posttest+Control+Group+Design+yang+bertujuan+untuk+mengetahui+kemampuan+awal+pemahaman+konsep+dan+peningkatan+kemampuan+pemahaman+konsep+pada+kelas+ekperimen+dan+kelas+kontrol.+Teknik+analisis+data+yang+digunakan+adalah+uji+normalitas%2Cuji+homogenitas+dan+uji+perbedaan+dua+rata-rata+dengan+uji+t.+%0D%0A%0D%0AHasil+uji+t+pada+penelitian+ini+menunjukkan+terdapat+perbedaan+yang+signifikan+rata-rata+n-gain+pemahaman+konsep+siswa+antara+kelas+eksperimen+dan+kelas+kontrol.++Kelas+eksperimen+dengan+model+pembelajaran+flipped+classroom+menunjukkan+hasil+yang+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+kontrol+dengan+model+pembelajaran+konvensional.+Adapun+berdasarkan+perhitungan%2C+rata+rata+n-gain+pemahaman+konsep+pada+kelas+eksperimen+sebesar+0%2C74+memiliki+kategori+tinggi%2C+sedangkan++rata-rata+n-gain+pemahaman+konsep+siswa+di+kelas+kontrol+sebesar+0%2C44+memiliki+kategori+sedang.+Selain+itu+aktivitas+siswa+perkategori+pada+kelas+eksperimen+memiliki+kriteria+tinggi%2C+sedangkan++aktivitas+siswa+perkategori+pada+kelas+kontrol+memiliki+kriteria+rendah.+Berdasarkan+hasil+tersebut%2C+dapat+disimpul-kan+bahwa+model+pembelajaran+flipped+classroom+efektif+dalam+meningkatkan+pemahaman+konsep+dan+aktivitas+siswa+pada+materi+garam+menghidrolisis.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+model+pembelajaran+flipped+classroom%2C+pemahaman+konsep+siswa%2C+aktivitas+siswa%2C+garam+menghidrolisis.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2023-08-03&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F74688%2F1%2F1.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F74688%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F74688%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++RESTI%2C+MELDATIA++(2023)+EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+FLIPPED+CLASSROOM+DALAM+MENINGKATKAN+PEMAHAMAN+KONSEP+DAN+AKTIVITAS+SISWA+PADA+MATERI+GARAM+MENGHIDROLISIS.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F74688%2F