?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1913023001&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+FLIPPED+CLASSROOM+DALAM+MENINGKATKAN+PEMAHAMAN+KONSEP%0D%0ADAN+AKTIVITAS+SISWA+PADA+MATERI+LARUTAN+PENYANGA&rft.creator=Isnaeni%2C+Visca&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=540+Kimia+dan+ilmu+yang+berhubungan&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+keefektifan+model+pembelajaran+%0D%0Aflipped+classroom+dalam+meningkatkan+pemahaman+konsep+dan+aktivitas+siswa+%0D%0Apada+materi+larutan+penyangga.+Metode+yang+digunakan+pada+penelitian+ini+ialah+%0D%0Aquasi+experiment+dengan+pretest-postest+control+group+design.+Populasi+pada+%0D%0Apenelitian+ini+ialah+seluruh+siswa+kelas+XI+IPA+SMA+Negeri+Sukadana+Tahun+%0D%0AAjaran+2022%2F2023.+Sampel+pada+penelitian+ini+adalah+kelas+XI+IPA+2+sebagai+kelas+%0D%0Akontrol+berjumlah+30+siswa+dan+kelas+XI+IPA+3+sebagai+kelas+eksperimen+berjumlah%0D%0A+31+siswa.+Pengambilan+sampel+pada+penelitian+ini+menggunakan+teknik+purposive+%0D%0Asampling.+Teknik+analisis+data+yang+digunakan+ialah+uji+normalitas%2C+uji+homogenitas%2C+uji+kesamaan+dua+rata-rata%2C+dan+uji+perbedaan+dua+rata-rata+n-gain.+%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+nilai+rata-rata+n-gain+pemahaman+konsep+%0D%0Asiswa+pada+kelas+eksperimen+sebesar+0%2C704+sedangkan+pada+kelas+kontrol+sebesar+%0D%0A0%2C489.+Hasil+analisis+juga+menunjukkan+rata-rata+aktivitas+siswa+pada+kelas+%0D%0Aeksperimen+dengan+menggunakan+model+pembelajaran+flipped+classroom%0D%0A+meningkat+pada+setiap+pertemuannya+dibandingkan+kelas+kontrol+dengan+%0D%0Amenggunakan+model+konvensional.+Hasil+pengujian+hipotesis+perbedaan+dua+rata-%0D%0Arata+(uji+t)+menunjukkan+rata-rata+n-gain+pemahaman+konsep+siswa+di+kelas+%0D%0Aeksperimen+lebih+tinggi+daripada+rata-rata+n-gain+pemahaman+konsep+siswa+di+kelas+%0D%0Akontrol.+Hal+ini+menunjukkan+bahwa+model+pembelajaran+flipped+classroom+efektif+%0D%0Adalam+meningkatkan+pemahaman+konsep+dan+aktivitas+siswa+pada+materi+larutan+%0D%0Apenyangga.+%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2023-08-03&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F74701%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F74701%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F74701%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Isnaeni%2C+Visca++(2023)+EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+FLIPPED+CLASSROOM+DALAM+MENINGKATKAN+PEMAHAMAN+KONSEP+DAN+AKTIVITAS+SISWA+PADA+MATERI+LARUTAN+PENYANGA.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG+.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F74701%2F