%0 Generic %A SITI , NUR OKTAVIANA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:74710 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T IMPLEMENTASI PBL DENGAN PENDEKATAN STEM BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT PADA MATERI USAHA DAN ENERGI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM %U http://digilib.unila.ac.id/74710/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh implementasi PBL dengan pendekatan STEM berbasis Education for Sustainable Development pada materi usaha dan energi terhadap peningkatan kemampuan berpikir sistem. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Global Madani Bandar Lampung menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Instrumen penelitian ini menggunakan soal pilihan ganda two tier pada materi usaha dan energi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, NGain pada kelas eksperimen sebesar 0,7 dengan kategori tinggi dan N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,45 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis Independent sample T-test diperoleh nilai sig. sebesar 0,000<0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan rata-rata kemampuan berpikir sistem pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji effect size diperoleh nilai partial eta square sebesar 0,846 dengan kategori besar yang berarti pembelajaran PBL dengan pendekatan STEM berbasis Education for Sustainable Development berpengaruh sangat baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir sistem peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa implementasi PBL dengan pendekatan STEM berbasis Education for Sustainable Development dapat meningkatkan kemampuan berpikir sistem peserta didik secara signifikan, pada taraf kepercayaan 95%. Kata kunci: PBL, STEM, Education for Sustainable Development