@misc{eprints74742, month = {Juli}, title = {PENERAPAN TEKNIK ANALISIS FAKTOR UNTUK MENGANALISIS PENGARUH CHEMISTRY SELF-EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR}, author = {Tamara Ilmi Nicky}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultass Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/74742/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengadaptasi dan menguji validasi lintas budaya (cross culturral validation) konstruk instrumen High School Chemistry Self-Efficacy (HCSS) yang dikembangkan oleh Aydin dan Uzuntiryaki (2009), untuk mengetahui hubungan antar faktor chemistry self-efficacy, mengetahui perbedaan chemistry self-efficacy siswa ditinjau dari gender dan grade, serta mengetahui pengaruh chemistry self-efficacy terhadap hasil belajar kimia siswa. Kuesioner HCSS ini terdiri dari 16 item pertanyaan yang dapat mengukur 2 sikap efikasi diri kimia yaitu efikasi diri kimia dalam kognitif dan efikasi diri untuk laboratorium kimia. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMA di Kabupaten Lampung Barat. Sampel pada penelitian ini berjumlah 383 yang berasal dari SMAN 1 Liwa dan SMAN 2 Liwa yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Berdasarkan analisis konfirmatori didapatkan model fit kuesioner HCSS versi Bahasa Indonesia. Hasil penelitian chemistry self-efficacy ditinjau dari perspektif gender menunjukkan peserta didik perempuan memiliki chemistry self-efficacy yang lebih tinggi dibandingkan peserta didik laki-laki dengan perbedaan signifikan. Ditinjau dari perspektif grade, peserta didik kelas XII memiliki chemistry self-efficacy yang lebih tinggi dibandingkan peserta didik kelas X dengan perbedaan yang signifikan. Pada uji t regresi linier menunjukkan bahwa terdapat pengaruh chemistry self-efficacy terhadap hasil belajar kimia siswa di SMA Kabupaten Lampung Barat. Kata Kunci: Chemistry self-efficacy, hasil belajar kimia, analisis faktor konfirmatori, gender, grade } }