TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints74757 UR - http://digilib.unila.ac.id/74757/ A1 - Anggun , Agustina Y1 - 2023/08/09/ N2 - Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan melihat bagaimana Pengaruh Literasi Digital terhadap Etika Bermedia Sosial pada Peserta Didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini yakni peserta didik di MAN 1 Lampung Utara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 88 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni menggunakan uji regresi sederhana dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Pengaruh Literasi Digital terhadap Etika Bermedia Sosial sebesar 42,1% dengan indikator variabel independen (X) yaitu: internet searching, hypertextual navigation, content evaluation, dan knowleadge assembly. Kemudian dalam indikator variabel dependen (Y) yaitu: berkomentar di media sosial, berita dan informasi di media sosial, menghindari isu SARA, dan menghargai karya orang lain. Literasi digital merupakan bagian dari upaya percepatan transformasi digital khususnya terkait pengembangan sumber daya manusia digital. Tertanamnya pilar literasi digital pada diri setiap generasi milenial akan membawanya pada kualitas diri yang baik, seperti dalam bermedia sosial. Penerapan etika diruang digital mempunyai tantangan besar karena etika dapat dipengaruhi oleh masing-masing diri individu, sehingga adanya penguasaan soft skill literasi digital. Kata Kunci: literasi digital, etika, media sosial, peserta didik, generasi milenial ABSTRACT The purpose of this study was to determine and see how Digital Literacy affects the Social Media Ethics of Learners. The research method used in this research is descriptive method with quantitative approach. The subjects of this study were students at MAN 1 Lampung Utara. The sample in this study amounted to 88 respondents. The data collection technique in this study used a questionnaire technique. The data analysis technique in this study is using a simple regression test with the help of SPSS version 25.The results of this study indicate that there is an influence between the influence of digital literacy on social media ethics by 42.1% with indicators of the independent variable (X), namely: internet searching, hypertextual navigation, content evaluation, and knowleadge assembly. Then in the dependent variable indicator (Y), namely: commenting on social media, news and information on social media, avoiding racial issues, and respecting the work of others. Digital literacy is part of efforts to accelerate digital transformation, especially related to digital human resource development. Embedding the pillars of digital literacy in every millennial generation will bring them to good self quality, such as using social media. The application of ethics can be influenced by each individual self, so that there is mastery of digital literacy soft skills. Keywords: digital literacy, social media, ethics, students, millennial generation PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP ETIKA BERMEDIA SOSIAL PESERTA DIDIK DI MAN 1 LAMPUNG UTARA AV - restricted ER -