title: MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SAINS MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS III SD AL KAUTSAR BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 creator: Farida Nisak, 1313093036 subject: LB Theory and practice of education subject: LB1501 Primary Education subject: Q Science (General) description: ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan pemahaman konsep sains melalui metode penemuan terbimbing di kelas III SD Al Kautsar Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian untuk meningkatkan pemahaman konsep sains pada kelas III SD Al Kautar Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari tiga siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran pemahaman konsep sains yakni semula pada siklus I rata-rata mencapai 58,10%, pada siklus II mencapai 67,08%, dan pada siklus III mencapai 78%. Dalam persentase pemahaman konsep sains siklus I mencapai 57%, pada siklus II mencapai 65%, dan pada siklus III mencapai 79%. Kata kunci: Metode penemuan terbimbing dan pemahaman konsep sains publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2015-01-05 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7477/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7477/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7477/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7477/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7477/5/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7477/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7477/7/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7477/8/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7477/9/KATA%20PENGANTAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7477/11/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7477/117/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7477/12/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7477/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7477/14/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7477/15/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7477/16/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7477/17/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7477/18/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7477/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Farida Nisak, 1313093036 (2015) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SAINS MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS III SD AL KAUTSAR BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/7477/