@misc{eprints74776, month = {Agustus}, title = {EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBANTUAN SIMULASI MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TRANSLASI ANTARLEVEL REPRESENTASI PADA MATERI STOIKIOMETRI}, author = {Sushanty Veronica Luciana }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/74776/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul untuk meningkatkan kemampuan translasi antarlevel representasi pada materi stoikiometri dan mendeskripsikan profil kemampuan translasi antarlevel representasi pada materi stoikiometri. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian the matchingonly pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Metro tahun pelajaran 2022/2023. Pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul diterapkan pada kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji perbedaan dua rata-rata dengan independent sample t-test atau uji t. Profil kemampuan translasi antarlevel ditentukan berdasarkan skala kategori kemampuan representasi. Diperoleh nilai rata-rata n-gain pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul sebesar 0,7 berkriteria tinggi. Hasil uji t menunjukan bahwa rata-rata nilai n-gain pada kelas yang diterapkan pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul lebih tinggi daripada kelas yang diterapkan pembelajaran discovery.Didapatkan hasil profil kemampuan translasi antarlevel representasi yaitu siswa berkategori sangat baik 15,15\%, baik 75,85\%, dan cukup 9\%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul efektif untuk meningkatlan kemampuan translasi antarlevel representasipada materi stoikiometri. Kata kunci: Kemampuan translasi antarlevel representasi, pembelajarandiscovery, simulasi molekul, stoikiometri} }