%A 1013021027 Asih Purwaningsih %T PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Terusan Nunyai T.P. 2014/2015) %X Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dan think pair share ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Terusan Nunyai semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang terdistribusi dalam empat kelas. Dengan teknik purposive sampling terpilih kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 sebagai sampel penelitian. Pembelajaran dilakukan secara silang, yaitu kedua kelas eksperimen mendapat perlakuan NHT dan TPS. Desain dari penelitiaan ini adalah posttest only control group design. Hasil dari analisis hasil posttest yang merupakan tes pemahaman konsep disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe TPS di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Terusan Nunyai. Kata Kunci: Numbered Heads Together, Think Pair Share, Pemahaman Konsep Katematis. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints7480