%A Yozarima Wenda %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SIMAYANG BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA SISWA %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran SiMaYang berbasis etnosains pada materi larutan penyangga dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia siswa. Penelitian menggunakan desain pretest-postest control grup. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling didapatkan sampel dalam penelitian yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yaitu uji perbedaan dua rata-rata (uji-t), rata-rata n-Gain kemampuan literasi kimia siswa pada kelas eksperimen yaitu sebesar 0,52 dengan kriteria "sedang", sedangkan pada kelas kontrol yaitu sebesar 0,14 yang kriteria "rendah". Hasil uji effect size diperoleh nilai sebesar 0,95 dengan kriteria ?besar? menunjukkan bahwa 95% tingginya kemampuan literasi kimia siswa dipengaruhi oleh pembelajaran SiMaYang berbasis etnosains. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran SiMaYang berbasis etnosains efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan pengaruh besar. Kata kunci: larutan penyangga, Pembelajaran SiMaYang, Etnosains, efektivitas, kemampuan literasi kimia %D 2023 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1913023008 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints74814