%0 Generic %A EVITA, HERLINA %C Universitas Lampung %D 2023 %F eprints:74820 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN EDPUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FIBER OPTIC KELAS XI TKJ SMK NEGERI 1 WAY TENONG %U http://digilib.unila.ac.id/74820/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan video pembelajaran interaktif berbantuan edpuzzle terhadap hasil belajar siswa pada materi fiber optic kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen, desain penelitian metode quasi eksperimen bentuk Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMK kelas XI TKJ yang terdiri dari 70 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu pretest dan posttest yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas dan skala tanggapan peserta didik terhadap video pembelajaran interaktif berbantuan edpuzzle. Hasil penelitian dengan menggunakan uji hipotesis menunjukkan bahwa data N-Gain kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 0,63 yang tergolong dalam kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,28 yang tergolong kategori rendah. Hasil uji Independent sample t test menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh rata-rata hasil belajar kognitif yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji effect size hasil belajar kognitif sebesar 1,258 yang tergolong kategori besar. Berdasarkan tanggapan peserta didik terhadap video pembelajaran berbantuan edpuzzle diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 75,53 % yang tergolong kategori tinggi atau baik. Artinya video pembelajaran interaktif edpuzzle menarik dan layak untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran.