?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1913023002&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGEMBANGAN+DAN+VALIDASI+HIGH+SCHOOL+CHEMISTRY+SELF-EFFICACY+SCALE+MENGGUNAKAN+TEKNIK+ANALISIS+FAKTOR&rft.creator=Deka%2C+Fitria&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=500+ilmu+pengetahuan+alam+dan+matematika&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.subject=540+Kimia+dan+ilmu+yang+berhubungan&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengadaptasi+dan+validasi+lintas+budaya+(cross+cultural+validation)+konstruk+instrumen+High+School+Chemistry+Self-Efficacy+Scale(HCSS)+yang+dikembangkan+oleh+Aydin+dan+Uzuntiryaki+(2009)%2C+mengetahui+%0D%0Ahubungan+antar+faktor+chemistry+self-efficacy%2C+mengetahui+perbedaan+chemistry+self-efficacy+siswa+ditinjau+dari+gender+dan+grade%2C+serta+mengetahui+pengaruh+self%EF%BF%BDefficacy+terhadap+hasil+belajar+kimia+siswa.+HCSS+ini+terdiri+dari+16+item+pertanyaan+yang+dapat+mengukur+2+sikap+efikasi+diri+kimia+yaitu+efikasi+diri+kimia+dalam+%0D%0Akognitif+(CSCS)+dan+efikasi+diri+kimia+dalam+laboratorium+(SCL).+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+SMA+di+Kabupaten+Pesawaran.+Sampel+yang+digunakan+pada+penelitian+ini+berjumlah+397+siswa+yang+berasal+dari+sekolah+%0D%0ASMAN+1+Gedong+Tataan+dan+SMAN+2+Gedong+Tataan+yang+dipilih+menggunakan+teknik+stratified+random+sampling.+Berdasarkan+analisis+faktor+konfirmatori+didapatkan+model+fit+kuesioner+HCSS+versi+Bahasa+Indonesia.+Hasil+penelitian+chemistry+self-efficacy+ditinjau+dari+gender+menunjukkan+peserta+didik+perempuan+memiliki+chemistry+self-efficacy+yang+lebih+tinggi+dibandingkan+peserta+didik+laki%EF%BF%BDlaki+dengan+perbedaan+signifikan.+Ditinjau+dari+grade+peserta+didik+kelas+XII+%0D%0Amemiliki+chemistry+self-efficacy+yang+lebih+tinggi+dibandingkan+peserta+didik+X+dengan+perbedaan+yang+signifikan.+Pada+uji+t+regresi+linear+menunjukkan+bahwa+%0D%0Aterdapat+pengaruh+self-efficacy+terhadap+hasil+belajar+kimia+siswa+di+SMA+Kabupaten+Pesawaran.%0D%0A%0D%0AKata+Kunci+%3A+Chemistry+self-efficacy%2C+hasil+belajar%2C+analisis+faktor+konfirmatori%2C+gender%2C+grade%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2023-08-15&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F74836%2F1%2F1.%2520ABSTRAK%2520-%2520ABSTRACT.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F74836%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F74836%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Deka%2C+Fitria++(2023)+PENGEMBANGAN+DAN+VALIDASI+HIGH+SCHOOL+CHEMISTRY+SELF-EFFICACY+SCALE+MENGGUNAKAN+TEKNIK+ANALISIS+FAKTOR.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F74836%2F