TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints74836 UR - http://digilib.unila.ac.id/74836/ A1 - Deka, Fitria Y1 - 2023/08/15/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengadaptasi dan validasi lintas budaya (cross cultural validation) konstruk instrumen High School Chemistry Self-Efficacy Scale(HCSS) yang dikembangkan oleh Aydin dan Uzuntiryaki (2009), mengetahui hubungan antar faktor chemistry self-efficacy, mengetahui perbedaan chemistry self-efficacy siswa ditinjau dari gender dan grade, serta mengetahui pengaruh self?efficacy terhadap hasil belajar kimia siswa. HCSS ini terdiri dari 16 item pertanyaan yang dapat mengukur 2 sikap efikasi diri kimia yaitu efikasi diri kimia dalam kognitif (CSCS) dan efikasi diri kimia dalam laboratorium (SCL). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA di Kabupaten Pesawaran. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 397 siswa yang berasal dari sekolah SMAN 1 Gedong Tataan dan SMAN 2 Gedong Tataan yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Berdasarkan analisis faktor konfirmatori didapatkan model fit kuesioner HCSS versi Bahasa Indonesia. Hasil penelitian chemistry self-efficacy ditinjau dari gender menunjukkan peserta didik perempuan memiliki chemistry self-efficacy yang lebih tinggi dibandingkan peserta didik laki?laki dengan perbedaan signifikan. Ditinjau dari grade peserta didik kelas XII memiliki chemistry self-efficacy yang lebih tinggi dibandingkan peserta didik X dengan perbedaan yang signifikan. Pada uji t regresi linear menunjukkan bahwa terdapat pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar kimia siswa di SMA Kabupaten Pesawaran. Kata Kunci : Chemistry self-efficacy, hasil belajar, analisis faktor konfirmatori, gender, grade PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN DAN VALIDASI HIGH SCHOOL CHEMISTRY SELF-EFFICACY SCALE MENGGUNAKAN TEKNIK ANALISIS FAKTOR AV - restricted ER -