%0 Generic %A EKA, FEBRIYANA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:74882 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUKATIF BERBASIS MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA MATERI FUNGSI DAN UNSUR WARNA CMYK DAN RGB UNTUK SISWA SMK TKJ %U http://digilib.unila.ac.id/74882/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran edukatif berbasis media sosial TikTok pada materi fungsi dan unsur warna CMYK dan RGB yang mendeskripsikan kelayakan media untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model Alessi dan Trollip yang terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, perancangan, dan pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK 2 Mei Bandar Lampung kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket ahli media, angket ahli materi, angket respon guru, dan angket respon siswa. Analisis ahli media dan ahli materi menggunakan analisis skor, sedangkan respon guru dan respon siswa menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis media sosial TikTok dinyatakan layak dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Media pembelajaran yang telah dibuat dinyatakan valid dengan skor yang diperoleh dari ahli media sebesar 3,42 dan ahli materi sebesar 3,43. Hasil uji kepraktisan sebesar 94% yang dinyatakan sangat praktis, dan hasil uji keefektifan sebesar 75% yang dinyatakan efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis media sosial TikTok sudah valid, praktis, dan efektif. Sehingga, media pembelajaran edukatif yang telah dikembangkan mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa.