@misc{eprints74885, month = {Agustus}, title = {PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMAN 1 BELITANG}, author = {Rahmawati Diki }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/74885/}, abstract = {Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Hybrid Learning terhadap tingkat pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Belitang. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group design dengan satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMAN 1 Belitang. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X3 dengan jumlah 35 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X4 dengan jumlah 36 peserta didik sebagai kelas kontrol. Hasil perhitungan N Gain Score menunjukkan bahwa penerapan metode hybrid learning memiliki nilai rata-rata (mean) untuk kelas eksperimen sebesar 59,59\% yang dapat dikategorikan cukup efektif dengan indikator hybrid learning (Variabel X) meliputi perencanaan pembelajaran, pembelajaran online, pembelajaran tatap muka, dan penilaian pembelajaran hybrid learning. Kemudian indikator pemahaman peserta didik (Variabel Y) meliputi menafsirkan, memberikan contoh, mengklasifikasikan, menyimpulkan, menduga, membandingkan, dan menjelaskan. Berdasarkan hasil penelitian, metode pembelajaran hybrid learning mampu meningkatkan pemahaman peserta didik, mampu meningkatkan kemandirian peserta didik dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan materi -materi yang dapat diakses secara online serta dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran sesuai dengan gaya belajar dan prefensi masing-masing dan dapat memberikan kesempatan praktis-realistis bagi pendidik dan peserta didik sehingga peserta didik dapat belajar secara mandiri, bermanfaat serta berkelanjutan dan dapat diinternalisasikan terhadap guru supaya bisa mempraktikkan metode pembelajaran hybrid learning dengan berbagai kreasi sesuai dengan konteks dan kebutuhan sekolah. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Hybrid Learning, Peningkatan, Pemahaman Peserta Didik, Pembelajaran PPKn The purpose of conducting this research was to find out the application of the Hybrid Learning learning method to the level of understanding of students in Civics subjects at SMAN 1 Belitang. In this study, a quantitative approach was used with a pretest-posttest control group design with one control class and one experimental class. The subjects in this study were students at SMAN 1 Belitang. The sample in this study were students in class X3 with a total of 35 as the experimental class and students in class X4 with a total of 36 students as the control class. The results of the N Gain Score calculation show that the application of the hybrid learning method has an average value (mean) for the experimental class of 59.59\% which can be categorized as quite effective with the hybrid learning indicator (Variable X) including lesson planning, online learning, face-to-face learning , and hybrid learning assessment. Then indicators of student understanding (Variable Y) include interpreting, giving examples, classifying, concluding, guessing, comparing, and explaining. Based on the results of the research, the hybrid learning learning method is able to increase students' understanding, is able to increase students' independence in the learning process by utilizing materials that can be accessed online and can help students in the learning process according to their respective learning styles and preferences and can provide practical-realistic opportunities for educators and students so that students can learn independently, usefully and sustainably and can be internalized to teachers so they can practice hybrid learning learning methods with various creations according to the context and needs of the school. Keywords: Learning Methods, Hybrid Learning, Enhancement, Student Understanding, Civics Learning} }