%0 Generic %9 Other %A Tania Oktrisa, 1014023098 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:7490 %I Fakultas Pertanian %T ANALISIS PERSEPSI, PREFERENSI DAN POLA KONSUMSI REMAJA TERHADAP JAJANAN BERBASIS SINGKONG (Kasus di SMAN 2 Bandar Lampung dan SMAN 1 Tumijajar Tulang Bawang Barat) %U http://digilib.unila.ac.id/7490/ %X ABSTRAK ANALISIS PERSEPSI, PREFERENSI DAN POLA KONSUMSI REMAJA TERHADAP JAJANAN BERBASIS SINGKONG (Kasus di SMAN 2 Bandar Lampung dan SMAN 1 Tumijajar Tulang Bawang Barat) Oleh Tania Oktrisa Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi, preferensi, pola konsumsi serta faktor-faktor yang berpengaruh terhadap konsumsi jajanan singkong oleh remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah survai. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah acak sederhana. Responden dalam penelitian ini adalah 35 siswa SMAN 2 Bandar Lampung dan 37 siswa SMAN 1 Tumijajar. Metode analisis yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan analisis verivikatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap harga jajanan singkong adalah biasa saja atau sesuai dengan daya belinya, dalam hal kemudahan memperoleh jajanan singkong yaitu biasa saja artinya masih pada batas wajar, dalam hal tampilan jajanan dan citra jajanan singkong juga dianggap biasa saja. Preferensi terhadap jajanan singkong, pada umumnya siswa menyukai jajanan singkong dengan rasa yang pedas, aroma singkong yang kuat serta tekstur yang renyah. Bentuk jajanan singkong yang paling banyak disukai adalah keripik. Selama satu bulan responden remaja mendapat asupan energi dari jajanan olahan singkong rata-rata sebesar 86 kkal/hari oleh remaja di Bandar Lampung dan 75 kkal/hari oleh remaja di Tumijajar. Frekuensi konsumsi jajanan singkong oleh responden remaja di Bandar Lampung rata-rata adalah 1-2 kali per bulan dan 3-4 kali per bulan oleh responden remaja di Tumijajar. Jenis olahan yang dikonsumsi selama sebulan terakhir adalah keripik singkong, klanting, combro, dan tela-tela. Jajanan olahan singkong diperoleh dari membeli di warung atau di pasar, membuatnya sendiri, dan atau diberi oleh orang lain. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap konsumsi pangan olahan jajanan singkong yaitu pendapatan rumah tangga, jumlah uang saku remaja, lingkungan, jenis kelamin dan preferensi. Semakin tinggi pendapatan rumah tangga dan uang saku remaja maka semakin besar pula konsumsi jajanan singkong. Kata kunci : Jajanan singkong, pola konsumsi, persepsi, preferensi, remaja ABSTRACT ANALYSIS OF PERSEPTION, PREFERENCES, AND TEENS CONSUMPTION PATTERN OF SNACKS BASED ON CASSAVA (Case at SMAN 2 Bandar Lampung and SMAN 1 Tumijajar Tulang Bawang Barat) By Tania Oktrisa The aim of this research were to determine perceptions, preferences and consumption pattern and the factors that affected the consumption of cassava snacks by teenagers. This research used survey method. The sampling technique used was Simple Random Sampling. Respondents were 35 students of SMAN 2 Bandar Lampung and 37 students of SMAN 1 Tumijajar. The data were analyzed by quantitative description and verification. The results showed that students's perception of the cassava snacks price, availability of cassava snacks, appearance and image of cassava snacks were considered normal. The students were generally prefer cassava snacks with spicy flavor, strong cassava aroma and crunchy texture. The most preferred form of cassava snacks was chips. During a month, teenagers got energy from cassava snacks that the average is 86 kcal/day for teenagers in Bandar Lampung and 75 kcal/day for teenagers in Tumijajar. The average consumption frequence of cassava snacks by teenagers in Bandar Lampung are 1-2 times per month and 3-4 times per month by teenagers in Tumijajar. Type of cassava snacks that was consumed during the past month was cassava chips, "klanting", "combro", and "tela-tela". Cassava snacks were obtained by purchasing in the shop or in the market, self cooking, and or providing by others. The factors that influence food consumption of cassava snacks are household income, number of teens allowance, environment gender and preferences. The higher of household income and allowance teenagers will make the consumption of cassava snacks greater. " Keywords:Cassava snacks, consumption pattern, perception, preference, teenagers