TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints74963 UR - http://digilib.unila.ac.id/74963/ A1 - RACHEL ADELLA, FERNINDA Y1 - 2023/08/04/ N2 - Dalam upaya menjalankan strategi bisnis berorientasi pelanggan, perusahaan mengandalkan teknologi informasi untuk mendukung operasionalnya. Namun, seringkali dalam penerapan teknologi mengalami kendala yang dapat menghambat kinerja perusahaan. Demi mengevaluasi dan meningkatkan penerapan teknologi informasi, penelitian ini melibatkan kerangka kerja COBIT 5, khususnya proses APO08 Manage Relationship. COBIT 5 merupakan sekumpulan dokumentasi best practices untuk tata kelola teknologi informasi yang efektif. Dengan mengadopsi COBIT 5, penelitian ini bertujuan untuk membantu PT XYZ dalam menilai performa manajemen tata kelola teknologi informasi yang sedang berjalan, sehingga masalah yang dihadapi dapat diatasi dengan lebih efisien. Penelitian ini menunjukkan upaya perusahaan untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi untuk mencapai tujuan bisnisnya dan meningkatkan daya saing di era digitalisasi. Hasil penilaian membuktikan bahwa tingkat kesesuaian RACI Chart sebesar 31% dan penerapan tata kelola teknologi Departemen Marketing di PT XYZ berada di level 4 predictable process dengan Expected Capability Level di level 5 optimizing process. Hal ini membuktikan bahwa diperlukan rekomendasi peningkatan agar perusahaan dapat mencapai Expected Capability Level yang diinginkan. Kata Kunci : Tata Kelola Teknologi Informasi, COBIT 5, APO08, Marketing, Capability Level, Gap, Rekomendasi PB - FAKULTAS TEKNIK TI - PENILAIAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 BERDASARKAN DOMAIN APO08 MANAGE RELATIONSHIP [STUDI KASUS DEPARTEMEN MARKETING PT XYZ] AV - restricted ER -