%A Rosyaifuddin Rifqi %T Pengaruh Penggunaan Knalpot Balap Kendaraan Roda Dua Oleh Kalangan Remaja Terhadap Masyarakat di Kelurahan Beringin Jaya %X Penggunaan knalpot balap pada kendaraan roda dua di jalanan umum tentu membawa problematika di masyarakat, seperti masyarakat yang terganggu akibat suara bising yang tinggi, asap yang mengakibatkan polusi udara, serta perilaku pengguna knalpot balap yang sering tidak sesuai dengan etika berlalu-lintas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara penggunaan knalpot balap kendaraan roda dua oleh kalangan remaja terhadap respons masyarakat di Kelurahan Beringin Jaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan dua variabel penelitian yaitu penggunaan knalpot balap kendaraan roda dua oleh kalangan remaja sebagai variabel independen dan respons masyarakat sebagai variabel dependen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Teknik pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas serta teknik analisis data menggunakan uji crosstab untuk mengetahui hubungan (keterkaitan) antar variabel dan uji rank spearman untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Pada penelitian ini mendapatkan hasil uji validitas sebesar 0,1986 dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 dan hasil uji reliabilitas sebesar 0,717, 0,772, dan 0,898 > 0,600. Kemudian hasil uji crosstab menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan mutlak antara kedua variabel dengan nilai value kuat yang dibuktikan dari nilai statistik T (Approximate T) mendekati 1 maka Hipotesis Ho ditolak. Pada uji rank spearman didapatkan hasil bahwa adanya pengaruh antara penggunaan knalpot balap kendaraan roda dua di jalanan umum oleh kalangan remaja terhadap respons masyarakat di Kelurahan Beringin Jaya dengan nilai correlation coeffisient yang dihasilkan yaitu sebesar 0,632 atau masuk ke dalam kategori kuat. Kata Kunci: knalpot balap; respons masyarakat; hubungan; dan pengaruh. %D 2023 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1916011029 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %L eprints74991