%0 Generic %A TANIA , NABILA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:74995 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KEWARGANEGARAAN SISWA DI KELAS VIII SMP PGRI 2 KATIBUNG LAMPUNG SELATAN %U http://digilib.unila.ac.id/74995/ %X Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran model inkuiri sosial untuk meningkatkan Keterampian Kewarganegaraan Siswa Di Kelas 8 SMP PGRI 2 sudah diterapkan, serta bagaimana cara menerapkannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah Siswa Di Kelas 8 SMP PGRI 2 Katibung Lampung Selatan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Siswa Di Kelas 8 SMP PGRI 2 Katibung Lampung Selatan sudah mendapatkan pembelajaran dengan setrategi model inkuiri sosial dalam meningkatkan Keterampilan Kewarganegaraan Siswa, disini terlihat mutu pembelajaran Siswa yang semakin meningkat, siswa semakin terampil, sudah terbiasa berdiskusi dalam mencari permasalahan dan memecahkan masalah tersebut. Demikian dapat disimpulkan bahwa pemahaman Siswa tentang pembelajaran model inkuiri sosial untuk meningkatkan Keterampilan Kewarganegaraan sudah bagus, hal ini dikarenakan para guru yang cekatan dalam penerapan model inkuiri sosial tersebut.