%0 Generic %9 Other %A Fitriyana, 1013079206 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:7501 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING KELAS IV SD NEGERI 2 NEGARARATU KEC. NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN T.P 2014/2015 %U http://digilib.unila.ac.id/7501/ %X ABSTRAK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING KELAS IV SD NEGERI 2 NEGARARATU KEC. NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN T.P 2014/2015 Oleh FITRIYANA Selama proses belajar, terdapat beberapa hal (1) siswa jarang mengajukan pertanyaan meskipun guru member kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami, (2) keaktifan dalam mengerjakan soal-soal latihan pada proses pembelajaran masih kurang, (3) terlihat malas menjawab pertanyaan. Model pembelajaran Snowball Throwing merupakan metode yang dapat digunakan untuk memberikan konsep pemahaman materi yang sulit kepada siswa serta dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi tersebut. Pada model pembelajaran Snowball Throwing siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok yang diwakili ketua kelompok untuk mendapat tugas dari guru, kemudian masing-masing siswa membuat pertanyaan yang dibentuk bola (kertas pertanyaan) lalu dilempar ke siswa lain yang masingmasing siswa menjawab pertanyaan dari kertas dibentuk bola yang diperoleh. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan (1) peningkatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Trowing, (2) peningkatan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran dengan model Snowball Throwing Hasil penelitian menunjukan bahwa :(1) rata-rata aktivitas belajar mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 64,38 %; dan siklus II meningkat menjadi 77.87 %. (2) rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan, sebesar 15.63 %. Kata kunci : Aktivitas belajar, Hasil belajar metode Snowball Throwing.