TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints75022 UR - http://digilib.unila.ac.id/75022/ A1 - Arini , Wulandari Y1 - 2023/07/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-LKPD berbasis Physics Toolbox Sensor Suite pada materi Gerak Harmonik Sederhana terhadap pemahaman konsep Fisika peserta didik. Sampel pada penelitian ini, yaitu peserta didik kelas X IPA 4 dan X IPA 7 SMA Negeri 1 Natar Lampung Selatan. Desain penelitian yang digunakan, yaitu Non-equivalent Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan, yaitu lembar tes pemahaman konsep berupa soal pilihan jamak. Analisis data diuji dengan menggunakan analisis N-gain, uji normalitas, uji Independent Sample T-Test, dan uji Effect Size. Pembelajaran dengan menerapkan media E-LKPD berbasis Physics Toolbox Sensor Suite mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik hal ini terlihat dari nilai rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,73 dengan kategori tinggi lebih besar dari nilai rata-rata N-gain kelas kontrol sebesar 0,58 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test diperoleh bahwa nilai Sig. (2-Tailed) sebesar 0,000 yaitu kurang dari 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata N-gain antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Demikian juga hasil uji besarnya pengaruh menggunakan pengaruh menggunakan Effect Size menunjukkan nilai Cohen's d sebesar 1,319 dengan kategori besar. Hal ini menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis Physics Toolbox Sensor Suite pada materi Gerak Harmonik Sederhana berpengaruh besar terhadap pemahaman konsep peserta didik. Kata kunci: E-LKPD, Physics Toolbox Sensor Suite, Pemahaman Konsep PB - Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH E-LKPD BERBASIS PHYSICS TOOLBOX SENSOR SUITE PADA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK AV - restricted ER -