title: PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA creator: Kartika , Dwi Handayani subject: 370 Pendidikan subject: 510 Matematika description: Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan LKPD berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-9 sebagai kelas kontrol dan VIII-10 sebagai kelas eksperimen pada SMP Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Data diperoleh berasal dari wawancara, angket, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil validasi, LKPD berbasis PBL yang dikembangkan dinyatakan valid, serta respon guru dan siswa sangat tinggi mengenai kepraktisan LKPD. Hasil uji lapangan pada kelompok besar menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen lebih besar jika dibandingkan dengan kelas kontrol terlihat dari hasil rerata N-Gain lebih tinggi, serta hasil ketuntasan belajar siswa sebanyak 84% siswa mendapatkan nilai di atas KKM yakni 76 sehingga LKPD berbasis Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: LKPD, Problem Based Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis date: 2023-08-07 type: Tesis type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/75057/1/1.%20ABSTRAK%20-%20ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/75057/2/2.%20TESIS%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/75057/3/3.%20TESIS%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Kartika , Dwi Handayani (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/75057/