%0 Generic %9 Other %A Ginda Mutiara Subing, 1013024009 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:7506 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH PENGGUNAAN METODE OBSERVASI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI BUNGA (Studi Eksperimen pada Kelas IV Semester Ganjil SD N 1 Sawah Lama Bandar Lampung T.P 2014/2015) %U http://digilib.unila.ac.id/7506/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode observasi dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok struktur dan fungsi bunga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas IVA dan IVC SD Negeri 1 Sawah Lama Bandar Lampung yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian adalah pretest-postest non equivalen. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh dari n-gain nilai pretes, dan postes. Analisis data menggunakan uji Anova dan Uji T dengan menggunakan program SPSS 17. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa terhadap penggunaan Metode Observasi yang dianalisis secara deskriptif. Hasil data penelitian diperoleh rata-rata keseluruhan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu sebesar 65,90. Aktivitas belajar siswa pada kelas esperimen dengan rata-rata 76,03 memiliki kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode observasi berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Sawah Lama Bandar Lampung materi pokok Struktur dan Fungsi Bunga. Kata kunci : metode observasi, hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, IPA, struktur dan fungsi bunga