%0 Generic %9 Other %A Miftahul Karim, 0713021039 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:7507 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Ar-Raihan Tahun Pelajaran 2013/2014) %U http://digilib.unila.ac.id/7507/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Ar-Raihan semester genap tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 140 siswa yang terdistribusi dalam empat kelas. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh siswa kelas Hanafi sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas Maliki sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan post-test only control design. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VIII SMP Ar-Raihan Bandarlampung efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis. Kata kunci : konvensional, pemahaman konsep, STAD