@misc{eprints75081, month = {Agustus}, title = {IMPLEMENTASI PBL DENGAN PENDEKATAN STEM BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) PADA TOPIK USAHA DAN ENERGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF }, author = {FIJRI KURNIA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/75081/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh PBL dengan pendekatan STEM berbasis Education for Sustainable Development (ESD) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada topik usaha dan energi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Talang Padang menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan, yaitu PretestPosttest Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan, yaitu lembar tes soal uraian. Pembelajaran model PBL dengan pendekatan STEM berbasis ESD dikatakan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,44 dengan kategori sedang lebih besar dibandingkan pada kelas kontrol dengan rata-rata N-gain sebesar 0,23 dengan kategori rendah. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol. Hal ini juga didukung dengan data perolehan dari uji Independent Sample T-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan juga nilai effect size sebesar 0,797 pada kategori besar, yang dapat disimpulkan bahwa implementasi PBL dengan pendekatan STEM berbasis ESD dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada topik usaha dan energi. Kata kunci: PBL, Pendekatan STEM, Education for Sustainable Development (ESD), kemampuan berpikir kreatif } }