%A Azizah Saadatul %T PERAN GURU PPKN DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING SISWA SMP NEGERI 18 PESAWARAN %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru PPKn dalam mencegah perilaku bullying siswa SMP Negeri 18 Pesawaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas VII SMP Negeri 18 Pesawaran Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Peran Guru PPKn dalam Mencegah Perilaku Bullying Siswa SMP Negeri 18 Pesawaran sebesar 40,8% dengan indikator variabel X yaitu motivator, fasilitator, dan mediator, kemudian dalam indikator variabel Y yaitu bullying fisik, bullying verbal, dan bullying non-verbal. Seorang guru memiliki peran untuk dapat mencegah perilaku bullying siswa dengan (1) menjadi motivator yang menanamkan nilai-nilai sosial pada siswa dan juga memberi pemahaman dampak buruk dari perilaku bullying apabila dilakukan; (2) menjadi fasilitator dengan memberikan fasilitas untuk menyelesaikan konflik antar siswa melalui sikap membuka diri bagi siswa yang hendak menceritakan permasalahan pertemanannya dan memberikan stimulus kepada siswa untuk menyibukkan diri dengan hal-hal positif; dan (3) menjadi mediator melalui peran sebagai penengah bagi siswa yang terlibat perilaku bullying dengan menumbuhkan hubungan positif diantara pelaku dan korban bullying serta orang tua dari keduanya. Kata Kunci: Peran Guru, PPKn, Perilaku, Bullying, Siswa ABSTRACT The purpose of this study is to find out how the role of PPKn teachers is in preventing behavior bullying students of SMP Negeri 18 Pesawaran. The research method used in this research is descriptive method with a quantitative approach. The subjects of this study were class VII students of SMP Negeri 18 Pesawaran for the 2022/2023 academic year. The sample in this study amounted to 70 respondents. The data analysis technique in this study used a simple linear regression test with the help of SPSS version 26. The results showed that there is a Role of PPKn Teachers in Preventing Behavior Bullying Students of SMP Negeri 18 Pesawaran are 40.8% with variable X indicators, namely motivator, fasilitator, and mediator, then in the Y variable indicator, namely bullying physique, bullying verbally, and bullying non-verbal. A teacher has a role to be able to prevent behavior bullying students by (1) being a motivator who instills social valies in students and also provides an understanding of the negative effects of bullying behavior; (2) being a facilitator by providing facilities for resolving conflicts between students through an attitude of opening up for students share about their friendships problems and providing a stimulus for students to accupy themselves with positive things; and (3) being a mediator through the role of intermediary for students who are involved in bullying behavior by foster positive relationships between perpetrators and victim of bullying and the parents of both. Keywords: The Role of Teachers, PPKn, Behavior, Bullying, Students %D 2023 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1913032029 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints75107