%0 Generic %A Tasya , Mulisia Zahwa %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:75124 %I ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T PENGARUH PENGGUNAAN TAS BRANDED KW TERHADAP LIFESTYLE MAHASISWA (Studi Sosiologis Pada Mahasiswi Universitas Lampung Jurusan Sosiologi Angkatan 2019-2020) %U http://digilib.unila.ac.id/75124/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan tas branded KW terhadap lifestyle mahasiswa (Studi Sosiologis pada Mahasiswi Universitas Lampung Jurusan Sosiologi Angkatan 2019-2020). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix methods antara metode kuantitatif dan diperkuat dengan kualitatif. Metode kuantitatif memiliki dua variabel yaitu variabel X (penggunaan tas branded KW) dan variabel Y (lifestyle mahasiswi) dan fokus penelitian kualitatif pada (1) faktor pendorong, dan (2) dampak penggunaan tas branded KW. Teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakkan 52 responden dan dihimpun dengan kuesioner lalu dianalisis menggunakan SPSS 25, sedangkan kualitatif melalui observasi dilanjutkan dengan wawancara dengan 8 informan, dan didokumentasikan. Pengolahan dan analisis data kuantitatif melalui tahap editing, tabulating, serta interpretasi dan dianalisis dengan uji korelasi. Pada kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan tas branded KW terhadap lifestyle mahasiswi adalah negatif. Dilihat dari teori interaksi simbolik bahwa tas branded KW yang menjadi simbol dapat mengubah penampilan diri, namun dibelakang itu mahasiswi mengurangi biaya makan dan kebutuhan pokoknya dan membuat timbul penyesalan. Kata Kunci: Penggunaan Tas Branded KW, Lifestyle, Mahasiswi The purpose of this study was to determine the effect of using KW branded bags on student lifestyle (Sociological Study on Sociology Department Students at Lampung University, Class of 2019-2020). The method used in this study is a mix of methods between quantitative and qualitative methods. The quantitative method has two variables, namely variable X (use of KW branded bags) and variable Y (college student lifestyle) and the focus of qualitative research on (1) driving factors, and (2) the impact of using KW branded bags. Quantitative data collection techniques used 52 respondents and collected with questionnaires and then analyzed using SPSS 25, while qualitative through observation followed by interviews with 8 informants, and documented. Processing and analysis of quantitative data through the stages of editing, tabulating, and interpretation and analyzed by correlation test. In qualitative through data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the effect of using KW branded bags on the lifestyle of female students was negative. Judging from the theory of symbolic interaction that the KW branded bag which is a symbol can change one's appearance, but behind that female students reduce the cost of eating and their basic needs and make regrets arise. Keywords: Use of KW Bags, Lifestyle, College Students