%A Rohmah Anis Safaathir %T PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 TULANG BAWANG TENGAH TAHUN AJARAN 2022/2023 %X Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tulang Bawang Tengah untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, efikasi diri dan dukungan orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tulang Bawang Tengah Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tulang Bawang Tengah Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 siswa dengan teknik pengambilan sampel probability sampling dengan menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket/kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Regresi Linear Sederhana dan Regresi Linear Berganda yang diolah dengan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh motivasi belajar, efikasi diri dan dukungan orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tulang Bawang Tengah dengan kadar determinasi sebesar 0,431 atau 43,1% dan sisanya sebesar 56,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata Kunci: dukungan orang tua, efikasi diri, minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi, motivasi belajar %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints75149