?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1913022039&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=IMPLEMENTASI+PjBL-STEM+BERBASIS+ESD(EDUCATION+FOR+SUSTAINABLE+DEVELOPMENT)PADA+TOPIK+ENERGI+TERBARUKAN+UNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+BERPIKIR+SISTEM+%0D%0A&rft.creator=Teddy%2C+Kurniawan&rft.subject=501+Filsafat+dan+teori+ilmu+pengetahuan+alam&rft.subject=530+Fisika&rft.description=Tujuan+penelitian+ini+adalah+untuk+mendeskripsikan+pengaruh+pembelajaran+PjBL-+STEM+Berbasis+ESD+(Education+for+Sustainable+Development)+untuk+meningkatkan+kemampuan+berpikir+sistem+peserta+didik+pada+topik+energi+terbarukan.+Penelitian+ini+dilakukan+di+SMAN+1+Menggala+dan+Sampel+yang+digunakan%2C+yaitu+peserta+didik+kelas+XI+IPA+3+dan+XI+IPA+5+Tahun+Ajaran+2022%2F2023.+Desain+Penelitian+yang+digunakan%2C+yaitu+non-equivalent+control+group+design.+Instrumen+penelitian+yang+digunakan+adalah+soal+tes+pilahan+ganda.+Pembelajaran+dengan+menerapkan+model+PjBL-STEM+berbasis+ESD+mampu+meningkatkan+kemampuan+berpikir+sistem+peserta+didik+hal+ini+terlihat+dari+rata-rata+N-Gain+pada+kelas+eksperimen+sebesar+0%2C63+lebih+besar+dari+pada+kelas+kontrol+dengan+nilai+rata-rata+N-Gain+sebesar+0%2C40+dengan+kategori+sedang.+Berdasarkan+data+tersebut+menunjukan+bahwa+kemampuan+berpikir+sistem+peserta+didik+mempunyai+perbedaan+yang+signifikan+antara+kelas+eksperimen+dan+kelas+kontrol.+Serta+didukung+oleh+data+hasil+uji+hipotesis+Independent+Sample+T-Test+diperoleh+nilai+Sig.+(2+tailed)+%3C+0%2C05%2C+maka+dapat+diambil+keputusan+bahwa+Implementasi+PjBL-STEM+berbasis+ESD+dapat+meningkatkan+kemampuan+berpikir+sistem+peserta+didik+pada+topik+energi+terbarukan.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2023-08-16&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F75283%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F75283%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F75283%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Teddy%2C+Kurniawan++(2023)+IMPLEMENTASI+PjBL-STEM+BERBASIS+ESD(EDUCATION+FOR+SUSTAINABLE+DEVELOPMENT)PADA+TOPIK+ENERGI+TERBARUKAN+UNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+BERPIKIR+SISTEM.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F75283%2F