creators_name: CINDY , creators_id: 1957051002 type: other datestamp: 2023-08-24 09:50:37 lastmod: 2023-08-24 09:50:37 metadata_visibility: show title: ANALISIS USER EXPERIENCE GAMES DAN STORYTELLING TERHADAP EMPATI MENGGUNAKAN EMPATHY ONLINE TOOL ispublished: pub subjects: 000 subjects: 001 subjects: 500 full_text_status: restricted abstract: Empathy Online Tool merupakan suatu tool atau alat dalam bentuk media online yang didedikasikan untuk dapat memahami emosi (perasaan dan pikiran) seorang pengguna sebelum hingga setelah mengakses objek video games dan interactive storytelling. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis user experience khususnya empathy experience dalam menentukan jenis media atau tool yang lebih dapat menstimulasi empati seorang user setelah mengakses suatu objek. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang menggunakan instrumen IRI (Interpersonal Reactivity Index) dan metode kualitatif yang menggunakan penilaian terhadap microblog yang ditulis oleh pengguna. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan fitur tambahan terhadap empathy online tool. Penilaian yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari lima indikator, yaitu IRI pretest, Affective Reflection, Emotion Wheel, Microblog, dan IRI posttest. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, telah ditambahkan fitur berupa Slider Range dan Geneva Emotion Wheel dengan menambahkan source code pada kode program yang telah dirancang sebelumnya. Berdasarkan hasil penilaian pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pria lebih terstimulasi oleh games, sedangkan wanita lebih terstimulasi oleh storytelling. Dimana hasil persentase penelitian tersebut menunjukkan 60% partisipan memiliki level empathy experience yang sama melalui bermain games ‘Path Out’ maupun mengakses storytelling ‘Brothers Across Borders’. Kata Kunci: Empati, Empathy Online Tool, IRI (Interpersonal Reactivity Index), Empathy Experience. Empathy Online Tool is a tool in the form of media that is dedicated to being able to understand the emotions (feelings and thoughts) of a user before and after accessing video games and interactive storytelling objects. This study aims to analyze user experience, especially empathy experience in determining the type of media or tool that can stimulate a user's empathy more after accessing an object. The research method used is a quantitative method using the IRI (Interpersonal Reactivity Index) instrument and a qualitative method using an assessment of microblogs written by users. Based on the research conducted, additional features are produced for the empathy online tool. The assessment carried out in this study included five indicators, namely the IRI pretest, Affective Reflection, Emotion Wheel, Microblog, and IRI posttest. Based on the research that has been done, features have been added in the form of Slider Range and Geneva Emotion Wheel by adding source code to the previously designed program code. Based on the results of the assessment in this study, it can be concluded that men are more stimulated by games, while women are more stimulated by storytelling. Where the percentage results of the study show that 60% of participants have the same level of empathy experience through playing the game 'Path Out' and accessing storytelling 'Brothers Across Borders'. Keyword: Empathy, Empathy Online Tool, IRI (Interpersonal Reactivity Index), Empathy Experience. date: 2023-07-21 date_type: published publisher: FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 1957051002 citation: CINDY , (2023) ANALISIS USER EXPERIENCE GAMES DAN STORYTELLING TERHADAP EMPATI MENGGUNAKAN EMPATHY ONLINE TOOL. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/75309/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/75309/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/75309/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf