%A Permaini Lusiana %T PENGARUH LOCUS OF CONTROL DAN MOTIVASI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA UNIVERSITAS LAMPUNG %X Prokrastinasi atau penundaan merupakan fenomena yang seringkali ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Mahasiswa yang memiliki locus of control internal atau mahasiswa yang memiliki keyakinan bahwa nilai yang diperolehnya disebabkan oleh dirinya sendiri cenderung tidak akan melakukan prokrastinasi akademik. Begitupun dengan mahasiswa yang memiliki tingkat motivasi yang tinggi tidak akan melakukan prokrastinasi akademik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh locus of control dan motivasi terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Universitas Lampung. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 133 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Metode yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik simple random sampling. Alat analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi. Hasil dari penelitian ini mendukung hipotesis yang diajukan bahwa Locus of control berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prokrastinasi akademik, motivasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prokrastinasi akademik. Saran bagi mahasiswa Universitas Lampung sebaiknya dapat meningkatkan kemampuan menulisnya untuk dapat meningkatkan locus of control internal pada dirinya, dan juga meningkatkan motivasinya dalam melanjutkan studi. Selain itu, mahasiswa Universitas Lampung juga disarankan untuk dapat mengurangi tindakan prokrastinasi akademik terutama penundaan terhadap tugas kehadiran. Kata Kunci : Locus Of Control, Motivasi, dan Prokrastinasi Akademik Procrastination is a phenomenon that is often found in everyday life, including in education. Students who have an internal locus of control or students who believe that the value they get is caused by themselves tend not to commit academic procrastination. Likewise, students who have a high level of motivation will not commit academic procrastination. The purpose of this study was to determine the effect of locus of control and motivation on academic procrastination of Lampung University students. The number of samples in this study were 133 people. Data collection using a questionnaire with a Likert scale. The method used is probability sampling with simple random sampling technique. Data analysis tools in this study using regression analysis. The results of this study support the proposed hypothesis that locus of control has a negative and significant effect on academic procrastination, motivation has a negative and significant effect on academic procrastination. Suggestions for University of Lampung students should be able to improve their writing ability to be able to increase the internal locus of control on themselves, and also increase their motivation In continuing his studies. In addition, students of Lampung University are also advised to be able to reduce academic procrastination, especially delays in attendance tasks. Keywords: Locus Of Control, Motivation, and Academic Procrastination %D 2023 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1911011060 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %L eprints75310