%0 Generic %9 Other %A AGustin Ryanti, 1013021022 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:7540 %I KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (Studi Pada Kelas VIII SMP Negeri 7 Kotabumi Semester Ganjil TP 2014/2015) %U http://digilib.unila.ac.id/7540/ %X ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara model pembelajaran GI dan STAD untuk meningkatkan nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 7 Kotabumi Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari delapan kelas, kemudian diambil dua kelas sebagai sampel melalui teknik purposive random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis dalam model pembelajaran GI lebih rendah daripada STAD di SMPN 7 Kotabumi Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci : GI, pemahaman konsep matematis, STAD