TY - THES ID - eprints75405 UR - http://digilib.unila.ac.id/75405/ A1 - Siti , Hodijah Y1 - 2023/08/07/ N2 - Penguasaan dan penciptaan teknologi di masa depan, diperlukan penguasaan dan pemahaman Matematika yang kuat sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis potensi dan kodisi, 2) menganalisis proses pengembangan, 3) menganalisis karakteristik, 4) menganalisis kemenarikan serta 5) mengetahui efektifitas pengembangan video pembelajaran berbasis canva. Penelitian merupakan penelitian pengembangan R&D dengan menggunakan pendekatan ADDIE, sampel penelitian berjumlah 50 orang peserta didik di kelas VI A dan VI B SDN 2 Sepang Jaya. Hasil penelitian diketahui 1) potensi dan kondisi sangat diperlukan mengingat permasalahan yang timbul dari menurunnya hasil belajar matematika peserta didik kelas VI karena kurannya media dan sumber belajar terbaru. 2) proses pengembangan melibatkan uji ahli sebesar 93% 3) karakteristik media video berbasis Canva 4) kemenarikan video pembelajaran sebesar 90%. 5) Efektivitas pengembangan diketahui terdapat perbedaan antara kelas VI A dan Kelas VI B dengan persentase rata-rata kelas VI A sebesar 65,67% cukup efektif dan kelas VI B rata-rata 71,23% dengan tingkat efektivitas tinggi. Keyword: Pengembangan Media Video, Media Canva, Matematika, Hasil Belajar ABSTRACT Mastery and creation of technology in the future requires strong mastery and understanding of mathematics from an early age. This study aims to 1) analyze the potential and conditions, 2) analyze the development process, 3) analyze the characteristics, 4) analyze the attractiveness and 5) determine the effectiveness of developing canva-based learning videos. The research is an R&D development research using the ADDIE approach, the research sample amounted to 50 students in class VI A and VI B SDN 2 Sepang Jaya. The results of the study found that 1) potential and conditions are needed considering the problems arising from the decline in the mathematics learning outcomes of grade VI students due to the lack of the latest media and learning resources. 2) the development process involves an expert test of 93% 3) characteristics of Canva-based video media 4) the attractiveness of learning videos by 90%. 5) The effectiveness of the development is known to be the difference between class VI A and Class VI B with an average percentage of class VI A of 65.67% quite effective and class VI B averaging 71.23% with a high level of effectiveness. Keywords: Video Media Development, Canva Media, Mathematics, Learning Outcomes Learning PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN 2 SEPANG JAYA BANDAR LAMPUNG AV - restricted EP - 2123011004 ER -