TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints75440 UR - http://digilib.unila.ac.id/75440/ A1 - MOHAMAD, BIMA RAMADHAN Y1 - 2023/08/03/ N2 - Untuk menghubungkan antar pulau yang memiliki kedalaman air yang cukup dalam, jembatan pada normalnya tidak akan dapat dibangun. Oleh karena itu digagaskan usul mengenai pembuatan jembatan terowongan terapung terendam atau disebut Submerged Floating Tunnel Twin Tube (SFT), namun SFT memiliki hambatan yaitu gelombang yang ada di perairan. Penulis memiliki hipotesis bahwa varisai jarak antar silinder pada struktur SFT twin tube akan mempengaruhi gaya drag yang diterima oleh masing-masing silinder. Metode pengambilan data menggunakan bantuan software CFD. Penelitian menghasilkan resultan gaya terkecil berada pada variasi jarak 1/2 ? antar kedua silinder yaitu sebesar 21,94 N, hal ini terjadi karena adanya arah gerakan beda fasa. Resultan gaya terbesar yang diterima kedua silinder terdapat pada variasi jarak 1 ? yaitu sebesar 28,19595 N, hal ini terjadi karena adanya arah gerakan sefasa atau searah. Semakin kecil gaya yang diterima oleh suatu silinder maka ketahan struktur dan keseimbangan terhadap silinder akan semakin baik. PB - FAKULTAS TEKNIK TI - STUDI NUMERIK GAYA HIDRODINAMIK PADA TWIN-TUBE SUBMERGED FLOATING TUNNEL (SFT) AV - restricted ER -