title: PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIRI PADA SISWA KELAS X SMAN 5 BANDAR LAMPUNG creator: Rahmadani, Ijaji subject: 372 Pendidikan dasar subject: 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan description: Abstract: Permasalahan penelitian ini adalah pemahaman diri siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan pemahaman diri siswa kelas X SMAN 5 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan desain penelitan time series one group pretest-posttest design. Pengumpulan data menggunakan skala pemahaman diri model likert yang diisi oleh siswa pada pretest dan posttest. Subjek terdiri dari 8 siswa kelas X. Data yang telah diperoleh kemudian di olah menggunakan metode statistika nonparametrik yaitu Uji Wilcoxon Hasil analisis menunjukan terjadi peningkatan pemahaman diri siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi, ditunjukan pada nilai α = 5% adalah 0,5 = 1,645. Oleh karena Zhitung = -2,521 < Ztabel = 1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah terdapat peningkatan pemahaman diri siswa setelah diberikan layanan bimbingabn kelompok teknik diskusi pada siswa kelas X SMAN 5 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Pemahaman Diri, Teknik Diskusi publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2023-08-08 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/75447/1/1.%20Abstrak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/75447/9/2.%20Skripsi%20Full.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/75447/10/3.%20Skripsi%20Tanpa%20BAB%20Pembahasan.pdf identifier: Rahmadani, Ijaji (2023) PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIRI PADA SISWA KELAS X SMAN 5 BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/75447/