@misc{eprints7546, month = {Januari}, title = {PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE SCIENTIFIC PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN}, author = {11013079294 SUMARMI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/7546/}, abstract = {ABSTRAK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE SCIENTIFIC PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN Oleh SUMARMI Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika serta menganalisis hubungan antara aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 4 Merbau Mataram Kabupten Lampung Selatan , dengan menggunakan metode scientific. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi dengan tes. Pengolahan dan analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan aktivitas belajar siswa rata-rata 61,25, sedangkan hasil belajar siswa rata-rata 64,67. Pada siklus 2 menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa rata-rata 71,04, dengan hasil belajar siswa rata-rata 73,00. Maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar matematika kelas V dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode pembelajaran scientific di SD Negeri 4 Merbau mataram. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran scientific, karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Motede pembelajaran Scientifik, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Matematika Sekolah Dasar.} }